RSS

Minum Air, Jangan Sambil Berdiri!

17 Des

jangan minum sambil berdiri

Apakah anda sering memperhatikan posisi anda saat minum? Lebih sering berdiri, duduk atau malah tiduran? Tahukah anda kalau posisi minum terbaik adalah saat duduk. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan pada saat duduk, air putih akan di konsumsi oleh sfringer, yaitu struktur moskuler yangmemiliki kemampuan untuk membuka dan menutup agar air kemih dapat lewat. Air minum yang tadi kita minum akan disalurkan lewat pos penyaringan yang terdapat dalam ginjal.

Namun, jika anda minum dengan berdiri air yang anda konsumsi akan masuk dan langsung menuju kandung kemih tanpa disaring lagi. Akibatnya, akan terjadi kristal yang membentuk batu ginjal.

Makan dan minum sambil duduk merupakan sunah Rasul, dan sebaliknya makan dan minum sambil berdiri sama sekali tidak dianjurkan oleh Rasul.

Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda,

Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”.
(HR.Muslim dan Turmidzi)

Bersabda Nabi dari Abu Hurairah,“Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan !” (HR. Muslim)

Jangan anggap enteng Sabda Rasulullah di atas. Karena minum dan makan sambil berdiri ternyata tidak baik untuk kesehatan. Berdasarkan informasi yang kami dapat dari situs herupurwanto.blogdetik.com, ada salah satu ahli akupuntur yang membuktikan bahwa meminum air dengan sammbil duduk lebih baik dari pada minum air sambil berdiri.

Ketika kita meminum air sambil duduk, air tersebut akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal.

Sebaliknya, jika kita minum air putih dengan cara berdiri, maka air yang kita minum itu masuk tanpa disaring lagi. Air itu bisa langsung menuju kandung kemih. Ketika langsung menuju kandung kemih, maka terjadi pengendapan di saluran ureter.

Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter maka hal ini bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal. Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Susah kencing itu penyebabnya.

Apabila minum sambil berdiri ini tidak kita hindari akan maka beriap-siaplah menerima efek buruk lain pada organ ginjal anda, kita tahu salah satu fungsinya yakni menyaring racun ke dalam tubuh.

Lalau bagaimana cara mengatasinya agar kita terhindar dari hal tersebut?
Kamu harus melakukan kebiasaan berikut :
– Biasakan untuk selalu minum sambil duduk, ingat jangan sambil berdiri.
– Biasakan dan perbanyak minum air putih sesuai kebutuhan yang dianjurkan.

Untuk memenuhi kebutuhan air pada tubuh sehari kita memerlukan asupan minum air :
1-3 gelas saat bangun tidur pada pagi hari
2-3 gelas, 1 jam sebelum makan siang
2-3 gelas, 1 jam sebelum makan malam.

Itulah penjelasan mengapa minum sambil berdiri tidak baik bagi kesehatan. Semoga dengan mengetahui penjelasan di atas, dapat menambah pengetahuan kita mengenai cara hidup sehat.

Gak mau kaaan, kalo gara-gara minum kita jadi batu ginjal? Jadi dari sekarang, yuk kita konsumsi air dengan cara duduk aja.

Referensi : herupurwanto.blogdetik.com
hydro.co.id

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 17 Desember 2012 in Akhlak, Kesehatan

 

One response to “Minum Air, Jangan Sambil Berdiri!

  1. yustinagitaa

    17 Desember 2012 at 17:53

    Reblogged this on UNHAMPERED.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: